220 likes | 333 Views
FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC). Latar Belakang. Merespons Permendiknas 63 th 2009 ttg SPMP Kapasitas LPMP/BDK Kenerja setiap LPMP/BDK yang beragam. Tujuan.
E N D
LatarBelakang • MeresponsPermendiknas 63 th 2009 ttg SPMP • Kapasitas LPMP/BDK • Kenerjasetiap LPMP/BDK yang beragam
Tujuan • Berbagiinformasitentangbest practices danlesson learnedantar LPMP/BDK (Kepala, Kabag/subag, Kasi, staf, dan WI) dalamklastersehinggamenjadipembelajaransemuaanggotaklaster. Selainbertemuterjadwalsecarafisikdalam forum, FPK dapatjugadilakukanmelaluiberbagai media komunikasi. • Mengidentifikasimasalah-masalah yang menjaditantangandan kepentingan bersamadalamklastergunamemperlancarpelaksanaan SPMP. • Merankingskalaprioritasmasalah yang harussegeradiatasidanmenentukanalternatifsolusinya.
Membuat agenda (rencanaaksi) tahunan yang menjadipedomandandilaksanakanbersamadalamklasteruntukmenyelesaikanmasalah/isu/tantangan. Termasukjuga, antara lain frekuensipertemuan, topik, lokasi, narasumber yang diperlukan. • Mengimplementasikan program/kegiatanhasilkesepakatanklaster, menganalisisprosesdanmengevaluasihasilpelaksanaan, merumuskanrancangantindaklanjut, danmelaporkannyake forum klaster. Siklusiniberlangsungsecaramenerussehinggamenumbuhkanbudayapeningkatanmutuberkelanjutan.
Peserta Kepala LPMP/BDK, Kabid, Kasi, perwakilan tim QA, danperwakilan WI sertafungsionallainnyadarianggotaklaster.
WaktudanTempat • Waktupenyelenggaraan FPK disesuaikandengankesepakatananggotaklaster, dapatmisalnyasetiap 2 atau 3 bulan. • Siklus FPK setiap 3 bulansekalipadamingguke-1
WaktuPelaksanaan *) Jadwal pertemuan untuk BDK menyesuaikan
Penyandang Dana • Dana Pelaksanaan FPKditanggungolehmasing-masinglembaga anggotaklaster. • Biayakehadirandanper deem Tim TeknisBindiklat, Manajer Program, Direktur Program, danpejabat yang relevanmenjaditanggungjawabBindiklatatauinstansi yang bersangkutandaripejabattersebut. • Biayakehadirandan per deem CC, NTA/ITA BEP MCPM menjaditanggungjawab BEP/MCPM sampaiakhir BEP program.
Rincian Program Secaragarisbesar Program FPK dapatdisarankanmencakupkajianterhadaptopik-topikberikut (setiapKlasterdapatmerumuskantopik-topikpertemuansesuaidenganprioritasKlaster).
Pertemuanke 1: • ApakahVisi, Misi, dan Program Organisasitelahmerujuk kepada tupoksidan konsep SPMP ? • Apakah SDM organisasiyang tersedia sudahmemadaiuntukmelaksanakantupoksi dan konsep SPMP ? • BagaimanapembinaandanpengembanganSDMorganisasi? • Apakahsaranaprasaranaorganisasiyang tersedia sudahmemadaiuntukmelaksanakantupoksi?
Pertemuanke 2: • Bagaimanaorganisasimelakukanpenjaminanmutupendidikan: penyusunandanvalidasiinstrumen, analisis data yang terkumpul, rumusanrekomendasi, danlaporan) ? • Apakah SIMP (EMIS) danketersediaan SDM dalampelaksanaan SPMP sudahmemadai?
Pertemuanke 3: • Bagaimanaorganisasimerancangprogram QA/QI sesuaidengan SPMP? • Bagaimanaorganisasimerancangdanmengelola SIMP (EMIS) sesuaidengan SPMP?
Pertemuanke 4: • Bagaimanaorganisasimelaksanakan program QA/QI sesuaidengan SPMP? • BagimanaorganisasimelaksanakandukunganterhadapDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi, Kantor dan Wilayah Depagdalammelakukanpenjaminandanpeningkatanmutu (QA/QI) termasukPengembanganKapasitas (CB) dalampelaksanaan SPMP?
Pertemuanke 5: • Bagaimanaorganisasimelaksanakandukungandalam QA/QI padatingkatsatuanpendidikantermasukpengembangankapasitas (CB) ataspermintaanDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi?
Pertemuanke 6: • Pertemuanke 6: • Bagaimanaorganisasimelaksanakan program kemitraandengan stakeholders ditingkatKabupaten/Kota danPropinsidalampelaksanaan SPMP?
ProsesPelaksanaan Di awal forum dilakukanpertemuanbersama (pleno) untukmenyepakatidalamhal: • rinciantopik yang akandibahas. • target pencapaian (ouput) daririnciantopik yang dibahas. • alokasiwaktudanpenanggungjawab (person in charge) untuksetiapsesi.
ProsesPelaksanaan Tahappembahasanterdiridari: • Sesi pertama, masing-masing LPMP mempresentasikan best practices. • Sesikedua,pesertadikelompokkan berdasarkantupoksinya: Kepala, Kabag, Kasi, staf, WI, danfungsionallainnyadariseluruh LPMP/BDK. • Sesiketigapesertadikelompokanberdasarkanlembaganya, misalnya LPMP Papua, LPMP Bali, dst.
ProsesPelaksanaan Proses pengelompokan pesertaperlumempertimbangkan kesesuaian dengan tupoksiunit kerja untukmembahasisumutupendidikan yang relevan: misalnyaKepala, Kabid, Kasi, perwakilan QAdanperwakilan WI sertafungsionallainnya. • Di akhirdilakukan forum dilakukanpertemuanbersamalagiuntukmelakukanpresentasihasilkerjakelompok, menerimamasukan, danmelakukanrevisihasilakhirsesuaimasukandankesepakatan yang dicapaidalam forum.
Laporandan TindakLanjut Isilaporanmencakupbeberapahalberikut yang esensial: • topikpertemuan, prosespelaksanaan, paparanhasil yang dicapai, deskripsihambatandansolusi yang terjadi (bilaada), dantopikbahasandi FPK berikutnya. • kesimpulandansaran. • lampiranlaporanberisi data/dokumen/bukti –buktifisik, misalnyarencanaaksi, program, instrumen, dst.
Tindaklanjut: • hasil-hasilnyaharusdimuatdalam mailing list/website klastersebagailaporan. • Laporan soft copy (diemail) dan hard copy dikirimkeKoordinator Program danKoordinatorKlastersertake MCPM.
SEKIAN DAN TEERIMA KASIH