1 / 17

FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC)

FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC). Waktu Pelaksanaan. *) Jadwal pertemuan untuk BDK menyesuaikan. Penyandang Dana. Dana Pelaksanaan FP K ditanggung oleh masing-masing lembaga anggota klaster .

javier
Download Presentation

FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC)

An Image/Link below is provided (as is) to download presentation Download Policy: Content on the Website is provided to you AS IS for your information and personal use and may not be sold / licensed / shared on other websites without getting consent from its author. Content is provided to you AS IS for your information and personal use only. Download presentation by click this link. While downloading, if for some reason you are not able to download a presentation, the publisher may have deleted the file from their server. During download, if you can't get a presentation, the file might be deleted by the publisher.

E N D

Presentation Transcript


  1. FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC)

  2. WaktuPelaksanaan *) Jadwal pertemuan untuk BDK menyesuaikan

  3. Penyandang Dana • Dana Pelaksanaan FPKditanggungolehmasing-masinglembaga anggotaklaster. • Biayakehadirandanper deem Tim TeknisBindiklat, Manajer Program, Direktur Program, danpejabat yang relevanmenjaditanggungjawabBindiklatatauinstansi yang bersangkutandaripejabattersebut. • Biayakehadirandan per deem CC, NTA/ITA BEP MCPM menjaditanggungjawab BEP/MCPM sampaiakhir BEP program.

  4. Rincian Program Secaragarisbesar Program FPK dapatdisarankanmencakupkajianterhadaptopik-topikberikut (setiapKlasterdapatmerumuskantopik-topikpertemuansesuaidenganprioritasKlaster).

  5. Pertemuanke 1: • ApakahVisi, Misi, dan Program Organisasitelahmerujuk kepada tupoksidan konsep SPMP ? • Apakah SDM organisasiyang tersedia sudahmemadaiuntukmelaksanakantupoksi dan konsep SPMP ? • BagaimanapembinaandanpengembanganSDMorganisasi? • Apakahsaranaprasaranaorganisasiyang tersedia sudahmemadaiuntukmelaksanakantupoksi?

  6. Pertemuanke 2: • Bagaimanaorganisasimelakukanpenjaminanmutupendidikan: penyusunandanvalidasiinstrumen, analisis data yang terkumpul, rumusanrekomendasi, danlaporan) ? • Apakah SIMP (EMIS) danketersediaan SDM dalampelaksanaan SPMP sudahmemadai?

  7. Pertemuanke 3: • Bagaimanaorganisasimerancangprogram QA/QI sesuaidengan SPMP? • Bagaimanaorganisasimerancangdanmengelola SIMP (EMIS) sesuaidengan SPMP?, Sesungguhnya agenda put ke 3 sepertiidiatas, namumkitaharustetapmelanjutkankegiatan put ke 2 yaituinstrumen EDL. Sesungguhnyasdseharusnyaadalaporanhasilujicobainstrumen EDL akantetapiinstrumennyasendiribelumtuntasmakasebaiknyadilanjutkandi CLC ke 3 Kendari Kalaumemungkinkan best practises ms bsdilakukan

  8. Pertemuanke 4: • Bagaimanaorganisasimelaksanakan program QA/QI sesuaidengan SPMP? • BagimanaorganisasimelaksanakandukunganterhadapDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi, Kantor dan Wilayah Depagdalammelakukanpenjaminandanpeningkatanmutu (QA/QI) termasukPengembanganKapasitas (CB) dalampelaksanaan SPMP?

  9. Pertemuanke 5: • Bagaimanaorganisasimelaksanakandukungandalam QA/QI padatingkatsatuanpendidikantermasukpengembangankapasitas (CB) ataspermintaanDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi?

  10. Pertemuanke 6: • Pertemuanke 6: • Bagaimanaorganisasimelaksanakan program kemitraandengan stakeholders ditingkatKabupaten/Kota danPropinsidalampelaksanaan SPMP?

  11. ProsesPelaksanaan Di awal forum dilakukanpertemuanbersama (pleno) untukmenyepakatidalamhal: • rinciantopik yang akandibahas. • target pencapaian (ouput) daririnciantopik yang dibahas. • alokasiwaktudanpenanggungjawab (person in charge) untuksetiapsesi.

  12. ProsesPelaksanaan Tahappembahasanterdiridari: • Sesi pertama, masing-masing LPMP mempresentasikan best practices. • Sesikedua,pesertadikelompokkan berdasarkantupoksinya: Kepala, Kabag, Kasi, staf, WI, danfungsionallainnyadariseluruh LPMP/BDK. • Sesiketigapesertadikelompokanberdasarkanlembaganya, misalnya LPMP Papua, LPMP Bali, dst.

  13. ProsesPelaksanaan Proses pengelompokan pesertaperlumempertimbangkan kesesuaian dengan tupoksiunit kerja untukmembahasisumutupendidikan yang relevan: misalnyaKepala, Kabid, Kasi, perwakilan QAdanperwakilan WI sertafungsionallainnya. • Di akhirdilakukan forum dilakukanpertemuanbersamalagiuntukmelakukanpresentasihasilkerjakelompok, menerimamasukan, danmelakukanrevisihasilakhirsesuaimasukandankesepakatan yang dicapaidalam forum.

  14. Laporandan TindakLanjut Isilaporanmencakupbeberapahalberikut yang esensial: • topikpertemuan, prosespelaksanaan, paparanhasil yang dicapai, deskripsihambatandansolusi yang terjadi (bilaada), dantopikbahasandi FPK berikutnya. • kesimpulandansaran. • lampiranlaporanberisi data/dokumen/bukti –buktifisik, misalnyarencanaaksi, program, instrumen, dst.

  15. Tindaklanjut: • hasil-hasilnyaharusdimuatdalam mailing list/website klastersebagailaporan. • Laporan soft copy (diemail) dan hard copy dikirimkeKoordinator Program danKoordinatorKlastersertake MCPM.

  16. DaftarCek (Ceck List)

  17. SEKIAN DAN TEERIMA KASIH

More Related