160 likes | 275 Views
FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC ) TAHAP KE 2 TAHUN 2011. Waktu Pelaksanaan 2011 (Tentatif). Rincian Program.
E N D
FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC)TAHAP KE 2 TAHUN 2011
Rincian Program Secaragarisbesar Program FPK dapatdisarankanmencakupkajianterhadaptopik-topikberikut (setiapKlasterdapatmerumuskantopik-topikpertemuansesuaidenganprioritasKlaster).
Pertemuanke 1: • Bedah Program dan kegiatan yang mendukung ketercapaianVisi, Misi, setiap LPMP dalam rangka implementasi SPMP • Analisis kapasitas LPMP (EDL) • Analisis SDM organisasiuntukmelaksanakantupoksi dan konsep SPMP ? • Pembinaan dan pengembanganSDMorganisasi? • Ketersediaansaranaprasaranaorganisasiyang tersedia sudahmemadaiuntukmelaksanakantupoksi? • Strategi dan hasil pendampinan EDS/M.MSPD • Khusus LPMP Gorontalo, ada testimoni dari kelompok Guru, KS, PS, Dinas pendidikan (sinergi pengelolaan pendidikan di Daerah)
Pertemuanke 2: • Best Practices • Laporan hasil EDL • Strategi Pelaksanaan penjaminanmutupendidikan
Pertemuanke 3: • Bagaimanaorganisasimerancangprogram QA/QI sesuaidengan SPMP? • Bagaimanaorganisasimerancangdanmengelola SIMP (EMIS) sesuaidengan SPMP?,
Pertemuanke 4: • Bagaimanaorganisasimelaksanakan program QA/QI sesuaidengan SPMP? • BagimanaorganisasimelaksanakandukunganterhadapDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi, Kantor dan Wilayah Depagdalammelakukanpenjaminandanpeningkatanmutu (QA/QI) termasukPengembanganKapasitas (CB) dalampelaksanaan SPMP?
Pertemuanke 5: • Bagaimanaorganisasimelaksanakandukungandalam QA/QI padatingkatsatuanpendidikantermasukpengembangankapasitas (CB) ataspermintaanDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi?
Pertemuanke 6: • Pertemuanke 6: • Best Practices organisasimelaksanakan program kemitraandengan stakeholders ditingkatKabupaten/Kota danPropinsidalampelaksanaan SPMP? • ‘
ProsesPelaksanaan Di awal forum dilakukanpertemuanbersama (pleno) untukmenyepakatidalamhal: • rinciantopik yang akandibahas. • target pencapaian (ouput) daririnciantopik yang dibahas. • alokasiwaktudanpenanggungjawab (person in charge) untuksetiapsesi.
ProsesPelaksanaan Tahappembahasanterdiridari: • Sesi pertama, masing-masing LPMP mempresentasikan best practices. • Sesikedua,pesertadikelompokkan berdasarkantupoksinya: Kepala, Kabag, Kasi, staf, WI, danfungsionallainnyadariseluruh LPMP/BDK. • Sesiketigapesertadikelompokanberdasarkanlembaganya, misalnya LPMP Papua, LPMP Bali, dst.
ProsesPelaksanaan Proses pengelompokan pesertaperlumempertimbangkan kesesuaian dengan tupoksiunit kerja untukmembahasisumutupendidikan yang relevan: misalnyaKepala, Kabid, Kasi, perwakilan QAdanperwakilan WI sertafungsionallainnya. • Di akhirdilakukan forum dilakukanpertemuanbersamalagiuntukmelakukanpresentasihasilkerjakelompok, menerimamasukan, danmelakukanrevisihasilakhirsesuaimasukandankesepakatan yang dicapaidalam forum.
Laporandan TindakLanjut Isilaporanmencakupbeberapahalberikut yang esensial: • topikpertemuan, prosespelaksanaan, paparanhasil yang dicapai, deskripsihambatandansolusi yang terjadi (bilaada), dantopikbahasandi FPK berikutnya. • kesimpulandansaran. • lampiranlaporanberisi data/dokumen/bukti –buktifisik, misalnyarencanaaksi, program, instrumen, dst.
Tindaklanjut: • hasil-hasilnyaharusdimuatdalam mailing list/website klastersebagailaporan. • Laporan soft copy (diemail) dan hard copy dikirimkeKoordinator Program danKoordinatorKlastersertake MCPM.
SEKIAN DAN TEERIMA KASIH